Cara Menanam Bunga Matahari (Sun Flower) is Very Easy


Bunga matahari (Helianthus annuus L.) merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana Matahari". Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.
Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.
Bunga matahari merupakan bunga yang sangat indah dan eksotik. Bisa menjadi background/latar belakang buat foto pre wedding atau selfie.
Ketika memulai menanam bunga matahari, alangkah baiknya memilih jenis bunga matahari apa yang cocok dengan kebun kita. Dan ini ada sedikit referensi mengenai jenis-jenis bunga matahari:

  • Mammoth: Jenis bunga matahari ini memang sudah jarang ditemui, namun masih ada kok yang jual benihnya meski harganya mahal.
  • Autumn Beauty: Jenis bunga matahari ini mengasilkan bunga besar yang berdiameter hingga 15 cm atau bahkan lebih. Bunga ini dinamakan sesuai tampilan spektrum bunganya yang mirip musim gugur. Bunganya berwarna merah tua dan coklat kemerahan. Tak jarang bunga ini ditemukan memiliki batang fisik yang besar dan tingginya bisa mencapai 2 meter. 
  • Sunbeam: Jenis bunga ini sangatlah cocok ditanam dihalaman rumah Anda. Karena Sunbeam adalah jenis bunga matahari yang berukuran sedang, memiliki tinggi 1,5 meter dan menghasilkan bunga berdiameter sekitar 12-15 cm atau bahkan bisa lebih (tergantung perawatan). Daun bunga Sunbeam yang panjang tidak simetris, serta bagian tengahnya yang sering berwarna kuning membuat bunga ini tambahan yang dramatis untuk buket bunga.
  • Teddy Bear: ini bunga favorit kesukaan saya karena jenis bunga ini kecil dan rata-rata tingginya 1 meter dan sangat cocok ditanam dilahan yang sempit.
  • Cari lahan dengan sinar matahari penuh. Bunga matahari tumbuh dengan subur pada iklim hangat hingga panas dengan sinar matahari penuh pada siang hari. Cocok pada iklim panas/musim kemarau agar bunga matahari tumbuh sempurna.
  • Cari tempat yang terlindung dari angin. Jika bisa, lindungi bunga matahari dari angin. Bibit bunga matahari muda sangat rawan rubuh ketika diterpa angin. Oleh karena itu bisa kita buat ajir buat penopang batang bunga matahari.
  • Periksa pH tanah. Bunga matahari lebih menyukai tanah yang sedikit asam hingga sedikit basa. Tapi tenang, karena bunga matahari itu simple dan bisa beradaptasi dengan jenis tanah yang ada.
  • Pastikan tanah menyerap dengan baik. Walaupun bunga matahari sangat elastis, satu hal yang bisa merusaknya adalah tanah yang banjir.
  • Biarkan tanah menghangat sepenuhnya sebelum ditanami. Maksudnya, tanamlah benih bunga matahari pada awal musim panas/musim kemarau tiba.
  1. Gemburkan tanah menggunakan tangan atau sekop. Tanah yang dibiarkan biasanya keras. Maka gemburkan tanah dengan dengan sekop agar tanah menjadi ringan.
  1. Gali lubang kecil dengan kedalaman 2-2,5 cm lalu beri jarak(tergantung tempat penyemaian). Cukup menggunakan telunjuk tangan untuk menggali lubang kecil-kecil.
  1. Masukkan benih pada setiap lubang lalu tutup tipis dengan tanah. Kita bisa mengatur masa penanaman selama beberapa minggu agar bunga bermekaran pada waktu yang berbeda sepanjang musim panjang. Karena bunga matahari mekar sepanjang tahun, artinya mekar sepanjang tahun, tinggal mengatur masa penanaman benih memungkinkan kita menikmati mekarnya bunga selama kurun waktu yang lama.
  1. Siramlah dengan air secukupnya. Catatan penting! Jangan menyiram sampai terlalu basah karena bisa membuat benih bunga matahari menjadi busuk.
  • Siram Rutin. Siramlah secara rutin. Ketika cuaca sedang panas kita bisa menyiram ketika dipagi hari dan sore hari. Sedangkan ketika hujan tidak terlalu membutuhkan penyiraman.
  • Membuat Ajir/Penopang. Fungsinya agar batang bunga matahari tidak tergoyahkan oleh angin dan berat bunga matahari.
  • Selalu Mencek Bunga Matahari dari Serangan Hama atau Jamur. Bunga matahari adalah bagian yang sering didatangi oleh serangga. Karena serangga selalu tertarik kepada warna yang cerah. Bisa jadi si serangga menyimpan hama atau jamur di bunga matahari.
  • Anti Inflamasi. Biji bunga matahari merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin E, yaitu antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E diserap tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak struktur lemak seperti membran-membran sel, sel-sel otak dan kolestrol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler,  vitamin E memiliki efek anti-inflamasi, sehingga dapat mengurangi gejala asma, osteoarthritiis, rheumatoid. Vitamin E juga telah terbukti mengurangi resiko kanker usus besar, membantu mengurangi keparahan dan frekwensi hot flashes pada wanita yang mengalami menopause, serta membantu mengurangi komplikasi diabetes.
  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Apa yang perlu yang disiapkan?

Cara Menanam Bunga Matahari
Cara Perawatan Bunga Matahari
Manfaat Bunga Matahari
Bunga matahari sangat banyak manfaatnya begitu pula kandungan gizi yang ada didalamnya. Berikut ini adalah manfaat dari bunga matahari (kuaci):
  • Vitamin E dalam biji bunga matahari juga memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam partikel kolesterol yang dapat membantu mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau stroke.
    Vitamin E secara signifikan dapat mengurangi risiko mengembangkan atherosclerosis. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup berada pada risiko yang lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki asupan vitamin E yang tidak memadai.
  • Menurunkan kolesterol
    Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan risiko kekebalan kanker tertentu.
    Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari  memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g, dan biji  labu antara 265 mg / 100 g.
  • Dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah
    Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari memiliki peran untuk mengimbangi kalsium, sehingga sangat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, kejang otot (termasuk kejang otot jantung atau kejang saluran udara akibat gejala asma), migrain, kram otot (seperti ketegangan, nyeri dan kelelahan).
  • Mennjaga kesehatan tulang
    Kandungan magnesium dalam biji bunga matahari juga diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita. Beberapa diantaranya membantu memberikan struktur fisik tulang, dan sisanya dapat ditemukan dan disimpan pada permukaan tulang untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan tubuh.
  • Meningkatkan proses detoksifikasi dan pencegah kanker
    Kandungan selenium dalam biji bunga matahari merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selenium telah terbukti menginduksi perbaikan DNA dalam sel yang rusak, menghambat proliferasi sel kanker, dan menginduksi apoptosis mereka, serta digunakan tubuh untuk menghilangkan sel-sel abnormal.
    Selain itu, selenium yang tergabung dari banyak protein, termasuk glutation peroksidase sangat penting untuk perlindungan kanker. glutation peroksidase adalah salah satu enzim tubuh yang paling kuat kandungan antioksidan, glutation peroksidase digunakan dalam hati untuk mendetoksifikasi berbagai molekul yang berpotensi membahayakan. Ketika tingkat glutathione peroxidase terlalu rendah, molekul-molekul beracun tidak dihilangkan dan hal tersebut dapat membahayakan sel-sel tubuh, merusak sel DNA, dan mempromosikan perkembangan sel-sel kanker. Kekayaan selenium adalah alasan lain bahwa biji bunga matahari dapat membuat camilan yang baik.
  • Dapat mencegah serangan jantung dan stroke
    Biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya akan magnesium. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mengurangi asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah migrain, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
    Selain itu, Biji bunga matahari juga kaya akan asam lemak linoleat tak jenuh yang dapat membantu menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan HDL atau ” kolesterol baik” dalam darah. Studi penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat.
  • Baik untuk pertumbuhan anak. Biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik untuk protein dengan asam amino kualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan, terutama pada anak-anak.
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
    Biji bunga matahari banyak mengandung senyawa poli-fenol seperti asam chlorogenic, asam quinic, dan asam caffeic yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini berfungsi sebagai  anti-oksidan alami yang dapat membantu menghilangkan molekul oksidan berbahaya dari tubuh. Asam klorogenat  dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membatasi pemecahan glikogen dalam hati.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari merupakan anti-oksidan yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas.
  • Bermanfaat untuk perkembangan janin
    Kandungan yang baik akan asam folat dalam biji bunga matahari yaitu sekitar 227 mg / 100 gr sangat penting untuk sintesis DNA serta dapat mencegah cacat saraf pada janin.
  • Mengurangi depresi
    Kandungan Niacin dan pyridoxine dalam biji bunga matahari selain mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga mampu meningkatkan aktivitas GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi kecemasan dan neurosis.
Semoga Bermanfaat

Related Posts:

2 Responses to "Cara Menanam Bunga Matahari (Sun Flower) is Very Easy"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus