Kesalahan yang Biasa Terjadi Ketika Menyemai Benih Tanaman



1. Media tanam yg tandus akan membuat benih tidak berkecambah atau tumbuh tidak baik: untuk penyemaian gunakan media tanam sekam bakar:tanah:pupukkompos/kandang dengan perbandingan 1:1:1.

2. Jarang/tidak disiram sehingga bibit tanaman mati, bibit tanaman sensitif terhadap kekeringan dan kelebihan air dibanding tanaman dewasa: pastikan penyemaian selalu lembab tetapi tidak kelebihan air.

3. Terlambat terkena sinar matahari/terlalu banyak sinar matahari sehingga batang tumbuh memanjang dan kurus (etiolasi): pada saat penyemaian simpan di tempat gelap, segera setelah muncul akar atau batang langsung diperkenalkan dgn matahari pagi jam 7-10

4. Benih tidak berkualitas atau kadaluarsa: benih yg tidak berkualitas atau yg sudah kadaluarsa akan menghasilkan tanaman yg tdk baik, pastikan benih yg ditanam berkualitas.

5. Benih yangg ditebar tidak ditutup lapisan tanah maka benih lebih lama berkecambah: sebaiknya setelah benih ditebar maka ditaburi media tanam satu lapisan tipis di atasnya agar benih tetap lembab dan cepat berkecambah.

6. Jika Menanam benih terlalu dalam: Maka benih yg ditanam terlalu dalam akan sulit berkecambah dan dapat membusuk, untuk benih berukuran kecil cukup ditebar dan lakukan point 5.

7. Terlalu cepat pindah tanam: bibit yg terlalu cepat dipindah dari penyemaian akan mati atau sulit tumbuh karena akar masih sensitif dan membutuhkan media tanam yg kaya nutrisi, setelah tumbuh 4 daun siap pindah tanam.

8. Terlambat pindah tanam: tanaman yg terlalu besar dengan populasi padat terjadi persaingan yg kuat di penyemaian, sehingga sebagian tanaman akan mati dan akar terganggu, pertumbuhan bibit akan tertekan

Penyemaian adalah langkah awal untuk tumbuhnya tanaman cantik kita, so.. tidak ada salahnya kita memberikan perhatian lebih pada tahap ini..:) Selamat berkebun farmers.


Semoga Bermanfaat!!

Related Posts:

0 Response to "Kesalahan yang Biasa Terjadi Ketika Menyemai Benih Tanaman"

Posting Komentar