Seputar Tanaman Okra


Okra adalah tanaman berbunga abadi dari Malvaceae (mallows) keluarga, dan nama ilmiah sebagai Abelmoschus esculentus.
Okra, juga dikenal sebagai “lady’s finger”, atau “bamia” adalah salah satu sayuran bergizi populer asal Afrika Utara-Timur. Dan polong biasanya berkumpul saat mereka hijau, lembut, dan pada tahap dewasa. Tanaman ini dibudidayakan di seluruh daerah beriklim tropis dan hangat di seluruh dunia untuk buah-buahan berserat atau “polong.” Bamia tumbuh terbaik di tanah yang kaya baik dikeringkan dan pupuk kandang.
Karakteristik Tanaman Okra
Tanaman Okra ini ketika dewasa memiliki daun memanjang kaya daun buah tin namun kecil. Batangnya tegak lurus dan tingginya bisa mencapai 1 meter lebih. Sedangkan daunya lebar seperti jari dan hampir mirip dengan tanaman tin muda. Ketika umur 30 harian maka akan keluar bunga seperti bunga terompet berwarna kuning dan nampak indah bungannya. Setelah 40 harian maka akan mulai membentuk buah okranya.  Buah okranya bisa dipanen 40 harian dari tanam perdana. Kita bisa panen buah okranya ketika masih muda atau sudah tua. Buah okra ketika dimakan berlendir, rasanya seperti gabungan antara kacang polong dan tanaman binahong. Kalau tanaman binahong rasanya hambar tapi kalau okra itu rasanya agak sedikit manis.
Tanaman okra ini mempunyai 2 jenis, ada okra hijau dan okra merah. Benihnya sudah banyak tersedia di toko pertaniian atau online shop. Dan Harga benih okra ini di toko pertanian sekitar 35 ribu untuk okra hijau dan 50 rb untuk okra merah.
Manfaat Kesehatan dari Okra
The bamia polong antara sayuran sangat rendah kalori. Mereka menyediakan hanya 30 kalori per 100 g selain tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, mereka adalah sumber yang kaya serat, mineral, dan vitamin; sering direkomendasikan oleh ahli gizi kolesterol mengendalikan dan program penurunan berat badan.
Polong adalah salah satu sumber yang kaya zat lendir yang membantu dalam peristaltik kelancaran makanan yang dicerna melalui usus dan meringankan kondisi sembelit atau susah buang air besar.
Polong mengandung jumlah dan terdiri dari vitamin A, dan flavonoid anti-oksidan seperti beta-karoten, xanthin dan lutein. Okra ini adalah salah satu sayuran dengan tingkat tertinggi  anti-oksidan. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi sayuran alami dan buah-buahan yang kaya akan flavonoid membantu melindungi dari paru-paru dan rongga mulut kanker.
polong segar adalah sumber yang baik folat; menyediakan sekitar 22% dari RDA per 100 g. Konsumsi makanan yang kaya folat, terutama selama periode pra-konsepsi membantu menurunkan kejadian cacat tabung saraf pada keturunannya.
Gumbo polong juga merupakan sumber yang sangat baik dari anti-oksidan vitamin, vitamin-C, menyediakan sekitar 36% dari tingkat harian yang disarankan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya vitamin-C membantu tubuh manusia mengembangkan kekebalan terhadap agen infeksi, mengurangi episode dingin dan batuk dan melindunginya dari radikal bebas berbahaya.
Mereka kaya di grup B-kompleks vitamin seperti niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat. Polong juga mengandung jumlah yang baik dari vitamin K. Vitamin K adalah co-faktor untuk enzim pembekuan darah dan diperlukan untuk memperkuat tulang.
Polong juga sumber yang baik dari banyak mineral penting seperti zat besi, kalsium, mangan dan magnesium.
Sekedar Pengetahuan dan Tips
Beberapa varietas hibrida okra mungkin telah mengalami semprotan insektisida / pestisida. Oleh karena itu, mencuci polong menyeluruh dalam air dingin untuk menghilangkan kotoran, tanah dan setiap insektisida residual. Dan lebih aman lagi kita bisa menanamnya sendiri, karena tanaman ini sangat mudah untuk dibudidayakan apalagi di indonesia ini yang beriklim tropis sangat cocok untuk budidaya.
Memangkas batang ujung atas menggunakan pisau. Beberapa memilih pemangkasan ujung berakhir juga. Kemudian, memotong / mengiris pod yang diinginkan.
acar okra, polong okra polong tumis
Acar gumbo polong dengan bayi-jagung, dan kacang-kacangan.
Buah Okra bisa di  tumis dengan bawang, tomat, dan cabai hijau.
Okra polong adalah salah satu sayuran banyak digunakan di negara-negara tropis. Cincang, atau diiris, mereka dapat direbus atau digoreng (goreng) di bawah minyak panas yang rendah untuk melembutkan tekstur mucilaginous mereka. Mereka kemudian, bisa dicampur dengan sayuran lain, beras, atau daging.
Di kepulauan Karibia, okra dimasak dan dinikmati di sup, sering dengan ikan.
Polong dapat acar dan diawetkan seperti dalam sayuran lainnya.
daun okra lembut dapat dimasak dengan cara yang sama seperti hijau bit atau dandelion. Daun juga dimakan mentah dalam salad.
rebus tebal domba atau sapi dan okra (bamiya) adalah hidangan populer di Mesir dan wilayah timur tengah lainnya.

Related Posts:

0 Response to "Seputar Tanaman Okra"

Posting Komentar