Tomato Pier, Tomat Yang Mempunyai Bentuk Seperti Buah Pir


Tomato Pier  (Solanum lycopersicum) atau di kita disebut tomat pir merupakan tomat yang unik. Tomat tersebut memiliki bentuk yang menyerupai buah pir, namun bentuknya kecil. Asal mula tomat ini dari Eropa. Dan sudah ada dari abad ke-18. Pada tahun 1752 bangsa Inggris menggunakan tomat pir ini untuk penyedap sup.
Tomat Pir ini mempunyai 2 warna, ada yang berwarna merah dan juga ada yang berwarna kuning. Di Indonesia sendiri tomat ini masih jarang yang membudidayakan, karena dari harga benih tomat ini yang masih mahal dibanding tomat lokal. Tapi kalau sobat mau cari benih ini ada kok, udah banyak yang jual. Bisa sobat cari di toko online.😀  
Dari segi rasa, tomat ini rasanya manis dan agak lembut, dalam segi rasa hampir sama seperti kebanyakan tomat. Yang membedakan hanya bentuknya, ukuran dan warnanya saja.
Seperti tomat-tomat yang lain, tomat Pir ini cocok ditanam ketika musim kemarau. Karena pada musim kemarau tanaman tomat biasanya berbuah maksimal. Makannya harga tomat ketika musim kemarau harganya murah dibanding ketika musim hujan. Tomat Pier ini memerlukan sinar matahari penuh dan curah air yang biasa / secukupnya.
Tanaman tomat pir bisa dibudidayakan dari benih/biji, mungkin di stek juga bisa dicoba. Karena tanaman tomat yang lain bisa dibudidayakan dengan di stek batangnya. 
Tutorial cara menanam tomat ini sama seperti menanam tomat yang lain. Karena menanam tomat itu sangat mudah kalau kita rajin merawatnya.😀

Related Posts:

0 Response to "Tomato Pier, Tomat Yang Mempunyai Bentuk Seperti Buah Pir"

Posting Komentar