Tanaman Basil/Kemangi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Basil (Ocimum basilicum) adalah ramuan kuliner dari keluarga Lamiaceae (permen). Hal ini juga disebut "raja herbal" dan "ramuan kerajaan". Nama "basil" berasal dari bahasa Yunani  (basilikón phutón), "tanaman raja". 
Basil adalah tanaman asli India, Dan telah dibudidayakan di sana selama lebih dari 5.000 tahun. Ini adalah tanaman tahunan, dikenal sebagai ramuan kuliner dan selalu ada dalam masakan Italia, dan juga menjadi bahan campuran masakan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Taiwan. Tergantung pada spesies dan kultivar, daunnya memiliki rasa agak seperti adas manis, dengan bau kuat, tajam dan wangi yang khas.
Ada banyak jenis Ocimum basilicum, serta beberapa spesies terkait atau spesies hibrida juga disebut basil. Tipe yang digunakan dalam makanan Italia biasanya disebut selasih (atau basil Genovese), ada juga Thai basil (O. basilicum var. Thyrsiflora), lemon basil (O. X citriodorum), yang digunakan di Asia. 
Sejarah
Kata kemangi berasal dari βασιλεύς Yunani (basileus), yang berarti "raja", karena telah datang untuk dihubungkan dengan Pesta Salib memperingati temuan Salib Sejati oleh St Helena, ibu dari Kaisar Konstantinus I. Dukun John Gerard mencatat bahwa orang-orang disengat kalajengking akan merasa sakit jika mereka makan kemangi, Dan Nicholas Culpeper mencatat bahwa kemangi itu adalah "ramuan dari Mars dan di bawah Scorpion, dan karena itu disebut Basilicon", Mereka menghubungkannya dengan basilisk. The Oxford English Dictionary mengutip spekulasi bahwa kemangi mungkin telah digunakan dalam "beberapa kerajaan seperti untuk, salap, sabun mandi, atau obat". Basil masih dianggap "raja herbal" oleh banyak orang.
Jenis/Varietas Basil
Ada lebih dari 160 jenis/varietas yang tersedia, sejumlah spesies dijual. Berikut adalah beberapa basils umumnya dijual di Amerika Serikat. 
Untuk daftar yang lebih lengkap, lihat Daftar Jenis kemangi
  • African blue basil (Ocimum basilicum X O. kilimandscharicum)
  • Anise basil or Persian basil (Licorice basil || O. basilicum 'Licorice'||)
  • Camphor basil, African basil (O. kilimandscharicum)
  • Cinnamon basil (Ocimum basilicum 'Cinnamon')
  • Dark opal basil (Ocimum basilicum 'Dark Opal')
  • Globe basil, dwarf basil, French basil (Ocimum basilicum 'Minimum'])
  • Hoary basil (Ocimum americanum formerly known as O. canum)
  • Holy basil (Ocimum tenuiflorum, formerly known as O. sanctum)
  • Spice basil (a cultivar of Ocimum americanum, which is sometimes sold as holy basil)
  • Lemon basil (Ocimum americanum)
  • Lettuce leaf basil (Ocimum basilicum 'Crispum')
  • Purple basil (Ocimum basilicum 'Purpurescens')
  • Queen of Siam basil (Ocimum basilicum citriodorum)
  • Rubin basil (Ocimum basilicum 'Rubin')
Daun Kemangi/Basil segar memiliki kandungan dan nilai gizi per 100 g (3.5 oz), Energi 94 kJ (22 kcal), karbohidrat 2.65 g, Serat makanan 1,6 g, Lemak 0.64 g, protein 3.15 g, Vitamin A, beta karoten (33%) 264 mg (29%) 3142 mg, Tiamin (B1) (3%) 0,034 mg, Riboflavin (B2) (6%) 0,076 mg,
Niacin (B3) (6%) 0,902 mg, asam pantotenat (B5) (4%) 0,209 mg, Vitamin B6 (12%) 0,155 mg, Folat (B9) (17%) 68 ug, Kolin (2%) 11,4 mg, Vitamin C (22%) 18,0 mg, Vitamin E (5%) 0,80 mg, Vitamin K (395%) 414,8 ug, Kalsium (18%) 177 mg, Besi (24%) 3.17 mg, Magnesium (18%) 64 mg, Mangan (55%) 1,148 mg, Fosfor (8%) 56 mg, Kalium (6%) 295 mg, Sodium (0%) 4 mg, Zinc (9%) 0,81 mg, konstituen lainnya, Air 92,06 g, unit, pg = mikrogram • mg = miligram
Persentase secara kasar diperkirakan menggunakan rekomendasi US untuk orang dewasa.
Sumber: USDA Nutrient database
Basil ini paling sering digunakan segar dalam resep dimasak. Secara umum, bisa ditambahkan pada saat terakhir. Ramuan segar dapat disimpan untuk waktu yang singkat dalam kantong plastik di dalam lemari es, atau untuk jangka waktu lama di freezer, Akanh pucat cepat ketika dalam air mendidih. 
Basil adalah salah satu bahan utama dalam pesto-saus minyak dan ramuan hijau Italia.Thai basil juga bumbu di sup Vietnam,
Benih 
Ketika direndam dalam air, benih-benih beberapa varietas kemangi akan terlihat seperti agar-agar, dan digunakan dalam minuman Asia dan makanan penutup.
Basil tumbuh di bawah sinar matahari. Basil tumbuh antara dengan tinggi 30-130 cm, daun hijau, dan bentuk daun muda seperti mangkuk yang telungkup. Ketika daun sudah mulai tua maka akan menjadi lurus. Bunga-bunga kecil berwarna putih. 
Basil sangat sensitif terhadap dingin, dan pertumbuhan terbaik di panas, kondisi kering. Berperilaku sebagai tahunan jika ada kesempatan embun beku. Di Eropa Utara, Kanada, negara-negara utara AS, dan Pulau Selatan Selandia Baru akan tumbuh baik jika ditanam di bawah kaca di pot gambut, kemudian ditanam di akhir musim semi / awal musim panas Yang terbaik di tempat yang cerah baik dikeringkan.
Meskipun kemangi tumbuh terbaik di luar ruangan, dapat tumbuh di dalam ruangan dalam pot dan, seperti kebanyakan herbal lainnya. Harus dijauhkan dari cuaca dingin, dan tumbuh terbaik di sinar matahari yang kuat, oleh karena penutup kaca atau baris ideal jika tersedia. 
Jika daunnya telah layu karena kekurangan air, ia akan segar jika disiram secara menyeluruh dan ditempatkan di lokasi cerah. Daun kuning ke bagian bawah tanaman merupakan indikasi bahwa tanaman telah kering; biasanya ini perlu sedikit air, atau kurang atau pupuk lebih.
Basil juga dapat diperbanyak dengan cara stek dengan batang stek pendek ditangguhkan selama dua minggu atau lebih dalam air sampai akar keluar.
Setelah batang menghasilkan bunga, dedaunan berhenti produksi pada batang itu, batang menjadi berkayu, dan penurunan produksi minyak esensial. Untuk mencegah hal ini, kita dapat memanen daunya sebelum berbunga.
Setelah tanaman bunga, akan menghasilkan polong berisi biji hitam kecil yang dapat disimpan dan ditanam pada tahun berikutnya. Memetik daun dari tanaman membantu meningkatkan pertumbuhan terutama karena tanaman merespon dengan mengkonversi pasang selebaran sebelah daun paling atas menjadi batang baru.
Pendamping Tanaman
Basil bisa ditanam sebagai tanaman pendamping untuk tomat. Secara umum kemangi dapat mencegah hama atau meningkatkan rasa tomat. 
Penyakit 
Penyakit daun kemangi umumnya adalah cetakan abu-abu yang disebabkan oleh Botrytis cinerea; itu juga dapat menyebabkan infeksi pasca panen dan mampu membunuh seluruh tanaman. Warna Hitam juga dapat dilihat pada basil dedaunan dan disebabkan oleh jamur genus Colletotrichum.
Manfaat 
Dari studi minyak basil esensial mempunyai sifat antijamur dan mengusir serangga dan nyamuk dan juga ada sekitar 12 manfaat basil lainnya bagi kesehatan: seperti,
1. Mengandung Antioksidan
Salah satu manfaat utama dari minyak atsiri kemangi adalah kemampuan untuk membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas sekaligus melindungi struktur DNA dan sel. Basil mengandung dua antioksidan penting yang larut dalam air flavonoid, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare, yang membantu melindungi sel-sel darah putih yang bertanggung jawab untuk fungsi kekebalan tubuh, serta struktur selular di mana DNA disimpan.
Antioksidan yang ditemukan dalam kemangi menjaga kromosom dari menjadi berubah dan mengakibatkan mutasi sel dan pertumbuhan sel kanker. stres oksidatif terjadi di dalam tubuh karena efek dari racun dalam makanan, pencemaran lingkungan dan radiasi - tapi antioksidan seperti jenis yang ditemukan dalam kemangi bantuan oksidasi melawan dan memperlambat efek penuaan.
2. Sebagai Anti-inflamasi
Basil mengandung minyak atsiri yang kuat, termasuk eugenol, sitronelol dan linalool. Ini enzim-menghambat minyak yang membantu peradangan lebih rendah, yang merupakan akar dari kebanyakan penyakit seperti penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi peradangan usus.
3. Melawan Kanker
Studi klinis yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer juga menunjukkan bahwa kemangi mengandung phytochemical, yang dapat membantu secara alami mencegah kanker, termasuk kulit kimia yang diinduksi, hati, lisan dan kanker paru-paru. Basil mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, positif mengubah ekspresi gen, menginduksi apoptosis kanker sel (kematian sel-sel berbahaya) dan menghentikan tumor kanker dari menyebar. 
Dalam studi menggunakan hewan, ekstrak kemangi telah menunjukkan perlindungan terhadap kanker dan kematian sementara juga selektif melindungi jaringan normal dan sel-sel dari efek negatif dari pengobatan kanker seperti radiasi atau kemoterapi. Ini berarti bahwa menggunakan ekstrak kemangi dapat bermanfaat sebagai pengobatan kanker tambahan bahkan ketika seseorang sudah menjalani bentuk-bentuk tradisional perawatan.
4. Mengandung Antibakteri
Satu lagi manfaat dari minyak esensial kemangi adalah untuk memberikan perlindungan terhadap pertumbuhan bakteri berbahaya. Dalam studi, ekstrak kemangi bahkan terbukti bermanfaat dalam menghambat resistan terhadap bakteri yang tidak merespon pengobatan antibiotik.
Ketika peneliti dari Medical University of Lodz di Polandia diuji aktivitas antibakteri minyak kemangi terhadap strain E. coli dan bakteri kuat lainnya yang dikumpulkan dari pasien yang sakit dengan infeksi, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemangi efektif dalam bertindak terhadap strain bakteri dan membantu untuk menghambat pertumbuhan mereka.  ini telah menyebabkan para peneliti untuk terus belajar bagaimana kemangi dan minyak antibakteri lain dapat membantu melawan penyakit resisten antibiotik dan infeksi.
5. Mengandung Antimikroba yang melawan Virus dan Infeksi
Basil minyak esensial telah ditemukan untuk menunjukkan aktivitas anti-mikroba terhadap berbagai bakteri, ragi, jamur dan virus. Ini berarti Anda dapat menambahkan perlindungan terhadap virus candida dan berbagai bentuk iritasi kulit untuk daftar panjang manfaat terbukti kemangi.
6. Melawan Stres dengan Bertindak sebagai 'adaptogen'
Studi menunjukkan bahwa kemangi memiliki potensi yang kuat untuk bertindak sebagai adaptogen alami, obat herbal yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan menormalkan efek berbahaya dari stres pada proses tubuh.
Misalnya, ketika para peneliti mempelajari efek anti-stres daun kemangi segar diberikan kepada kelinci yang terkena lingkungan stres tinggi, mereka menemukan peningkatan yang signifikan dalam tingkat stres oksidatif berikut penggunaan kemangi. Setelah kelinci menerima suplementasi dua gram daun kemangi segar selama 30 hari, mereka mengalami perlindungan kardiovaskular dan pernapasan dalam menanggapi stres. Sebuah penurunan yang signifikan dalam kadar gula darah juga diamati, sedangkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas antioksidan diamati. 
7. Obat Depresi
Manfaat kemangi juga berlaku untuk orang-orang dengan gangguan mental atau penyakit yang berhubungan dengan suasana hati, termasuk depresi dan kecemasan. Basil juga dianggap sebagai antidepresan oleh beberapa karena dapat berdampak positif fungsi otak dalam korteks adrenal, membantu merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk membuat kita bahagia dan energik.
8. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kedua antioksidan dan makanan anti-inflamasi, kemangi dapat membantu otot-otot yang mengontrol fungsi pembuluh darah berkontraksi dan rileks, mempromosikan tekanan darah sehat. Manfaat kemangi mencakup kemampuan untuk membantu mencegah agregasi platelet yang berbahaya, menggumpal bersama-sama trombosit darah yang dapat membentuk gumpalan dalam arteri dan menyebabkan serangan jantung.
ekstrak kemangi juga mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dengan menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi, protein yang disekresikan dari sel ke sel untuk berkomunikasi dan meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh.
Ketika ini terjadi untuk jangka waktu yang lama, tubuh mengalami suatu "kaskade inflamasi," yang menempatkan tekanan pada organ-organ dan memperlambat sirkulasi darah, regulasi hormon dan proses kognitif. Ketika datang ke kesehatan jantung, peradangan dapat membangun lemak, plak kaya kolesterol di pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.
9. Mendukung Fungsi Hati dan Membantu Detoksifikasi Tubuh
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ketika tikus sakit-sakitan diberi ekstrak kemangi selama lima hari, mereka mengalami perbaikan yang signifikan dalam memproduksi enzim detoksifikasi, pertahanan antioksidan yang lebih tinggi dan pengurangan penumpukan lemak di hati yang dapat menyebabkan liver penyakit. (7)
10. Membantu alkali Tubuh dan Meningkatkan Pencernaan
Basil membantu asam keseimbangan dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH yang tepat tubuh. Hal ini dapat meningkatkan pencernaan dan kekebalan dengan membantu bakteri sehat berkembang dalam mikroflora usus, sementara juga mengurangi bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.
Manfaat lain dari kemangi ketika datang ke perbaikan pencernaan? Secara tradisional, kemangi juga telah digunakan untuk membantu mengurangi kembung dan retensi air, kehilangan nafsu makan, kram perut, asam refluks, dan bahkan membunuh cacing perut atau parasit.
11. Bisa Bertindak sebagai Aphrodisiac Alam
Di Italia, kemangi telah dianggap sebagai simbol cinta selama berabad-abad. Aroma kemangi diyakini dapat meningkatkan libido dan gairah, mungkin dengan meningkatkan aliran darah dan tingkat energi, sekaligus mengurangi peradangan. Dalam agama Hindu dan dalam praktek Ayurveda, kemangi suci (Tulsi) dianggap sebagai "obat mujarab kehidupan" dan digunakan untuk meningkatkan fungsi seksual yang sehat dan suasana hati optimis. (8)
12. Membantu Melindungi dari Diabetes dan Sindrom Metabolik
ekstrak kemangi telah ditemukan untuk mengurangi tingkat sirkulasi glukosa darah dan peradangan, yang membuat kemangi pelindung terhadap pengembangan diabetes dan bentuk lain dari sindrom metabolik. Selain itu, manfaat dari minyak esensial kemangi termasuk kemampuan untuk membantu trigliserida dan kadar kolesterol lebih rendah, yang pasien diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi untuk berkembang.
Ketika peneliti dari Departemen Ilmu Depan di Azad University of Agriculture and Technology di India meneliti efek dari daun kemangi suci terhadap kadar glukosa darah dan kolesterol serum pada manusia melalui uji klinis double-blind, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemangi disebabkan perbaikan yang signifikan dalam darah kontrol glukosa dan perbaikan ringan pada kadar kolesterol. Hal ini menunjukkan bahwa suplementasi kemangi dapat menjadi cara yang berguna dan aman untuk membantu mengontrol diabetes dan komplikasi yang dihasilkan dari penyakit ini. (9)

Related Posts:

1 Response to "Tanaman Basil/Kemangi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus