Bagaimana Cara Menanam Lobak Merah/Radish di Polibag atau Pot



Gambar lobak merah yang ditanam di polibag (21 mei 2016)



Sejarah Lobak

Varietas lobak sekarang secara luas didistribusikan di seluruh dunia, namun hampir tidak ada catatan arkeologi yang tersedia untuk membantu menentukan sejarah awal mereka dan domestikasi.Namun, para ilmuwan ragu-ragu mencari asal-usul Raphanus sativus di Asia tenggara, karena ini adalah satu-satunya wilayah di mana bentuk benar-benar liar telah ditemukan. India, China tengah, dan Asia Tengah tampaknya memiliki telah pusat sekunder di mana bentuk-bentuk yang berbeda dikembangkan. Lobak memasukkan catatan sejarah di abad ketiga SM. [4] petani Yunani dan Romawi abad pertama Masehi memberikan rincian varietas kecil, besar, bulat, panjang, ringan, dan tajam. lobak tampaknya telah menjadi salah satu tanaman Eropa pertama kali diperkenalkan ke Amerika. Sebuah botani Jerman melaporkan lobak dari 100 lb (45 kg) dan kira-kira 3 kaki panjang pada 1544, meskipun hanya berbagai ukuran bahwa hari ini adalah Sakurajima lobak Jepang. [5] Bentuk Asia Timur yang besar, ringan, dan putih dikembangkan di Cina, tetapi sebagian besar terkait di Barat dengan daikon Jepang, karena pembangunan pertanian Jepang dan ekspor yang lebih besar

Budidaya 
lobak Baru berkecambah  pada usia 10 hari
Lobak tumbuh terbaik di sinar matahari penuh cahaya, tanah liat berpasir, dengan pH tanah 6,5-7,0, tetapi untuk tanaman akhir musim, sebuah liat-liat ideal. Tanah yang panggang kering dan membentuk kerak dalam cuaca kering tidak cocok dan dapat mengganggu perkecambahan.periode Pemanenan dapat diperpanjang dengan membuat penanaman ulang. Di iklim hangat, lobak biasanya ditanam di musim gugur. Kedalaman di mana bibit ditanam mempengaruhi ukuran akar, dari 1 cm (0,4 in) dalam direkomendasikan untuk lobak kecil untuk 4 cm (1,6 in) untuk besar lobak. Selama masa pertumbuhan, tanaman perlu menipis dan gulma dikendalikan, dan irigasi mungkin diperlukan. 
Tumbuh tanaman lobak
Pendamping tanaman 
Hama 
Varietas 
Ini tidak diketahui secara luas bahwa Beatrix Potter yang terkenal karakter "Peter Rabbit" ditunjukkan makan panjang merah lobak, tidak wortel, di Mr McGregor taman. [Kutipan diperlukan]


Terus bagaimana cara menanam lobak merah di polibag.


Lobak adalah tanaman brassicaceous tahunan atau dua tahunan ditanam untuk akar tekan bengkak mereka yang dapat berbentuk bulat, lonjong, atau silinder. Rentang warna kulit akar dari putih melalui pink, merah, ungu, kuning, dan hijau menjadi hitam, tetapi daging biasanya putih. jenis yang lebih kecil memiliki beberapa daun sekitar 13 cm (5 in) panjang dengan akar bulat sampai 2,5 cm (1 in) dengan diameter atau lebih ramping, akar panjang hingga 7 cm (3 in) panjang. Kedua hal ini biasanya dimakan mentah dalam salad.Sebuah bentuk akar lagi, termasuk lobak oriental, daikon atau lobak, dan lobak musim dingin, tumbuh hingga 60 cm (24 in) panjang dengan dedaunan sekitar 60 cm (24 in) tinggi dengan penyebaran 45 cm (18 in). [6] daging lobak dipanen tepat waktu adalah renyah dan manis, tapi menjadi pahit dan sulit jika sayuran yang tersisa di tanah terlalu lama.Daun tersusun dalam roset . Mereka memiliki bentuk lyrate, berarti mereka dibagi pinnately dengan lobus terminal membesar dan lobus lateral lebih kecil. Bunga-bunga putih ditanggung pada perbungaan racemose.Buah polong kecil yang bisa dimakan saat masih muda. 
lobak adalah spesies diploid, dan memiliki 18 kromosom (2n = 18). 


Lobak adalah cepat tumbuh, tahunan, keren-musim panen. benih berkecambah dalam tiga sampai empat hari dalam kondisi lembab dengan suhu tanah antara 65 dan 85 ° F (18 dan 29 ° C). akar kualitas terbaik diperoleh di bawah matahari hari panjang dengan suhu udara berkisar 50-65 ° F (10-18 ° C). Dalam kondisi rata-rata, tanaman dewasa dalam 3-4 minggu, tetapi dalam cuaca dingin, 6-7 minggu mungkin diperlukan. 


Lobak adalah tanaman kebun yang umum di Amerika Serikat, dan siklus panen cepat membuat mereka pilihan populer untuk kebun anak-anak. Setelah panen, lobak dapat disimpan tanpa kehilangan kualitas selama dua atau tiga hari pada suhu kamar, dan sekitar dua bulan pada 0 ° C (32 ° F) dengan kelembaban relatif 90-95%. 

Lobak dapat berguna sebagai tanaman pendamping bagi banyak tanaman lain, mungkin karena bau menyengat mereka menghalangi hama serangga seperti kutu daun, kumbang mentimun, hornworms tomat, bug squash, dan semut. Mereka dapat berfungsi sebagai tanaman perangkap, memikat serangga hama jauh dari tanaman utama. Ketimun dan lobak tampaknya berkembang ketika tumbuh dalam hubungan erat satu sama lain, dan lobak juga tumbuh dengan baik dengan seledri, selada, kacang polong, dan nasturtiums. Namun, mereka bereaksi negatif untuk tumbuh dalam hubungan erat dengan hisop.

Sebagai tanaman yang tumbuh cepat, penyakit umumnya tidak masalah dengan lobak, tetapi beberapa hama serangga dapat menjadi gangguan. Larva kutu kumbang (Delia radicum) hidup di tanah, tetapi kumbang dewasa menyebabkan kerusakan pada tanaman, menggigit kecil "ditembak lubang" di daun, terutama bibit. The lobak nyamuk (Contarinia nasturtii) menyerang dedaunan dan tumbuh ujung tanaman dan menyebabkan distorsi, beberapa (atau tidak) kiat tumbuh, dan daun bengkak atau berkerut dan batang. Larva fly kadang-kadang serangan akar.Dampaknya dedaunan terkulai dan berubah warna, dan kecil, belatung putih masuk melalui akar, sehingga tidak menarik atau termakan. [10]

Secara berbicara, lobak dapat dikategorikan menjadi empat utama jenis sesuai dengan musim saat mereka tumbuh dan berbagai bentuk panjang, warna, dan ukuran, seperti merah, pink, putih, abu-abu-hitam, atau kuning lobak, dengan bulat atau memanjang akar yang dapat tumbuh lebih lama dari ubi.


Sama seperti menanam yang lain. Menanam lobak merah di polibag menurut saya sangat cocok. Kenapa? karena buah lobaknya tidak terlalu besar hanya sebesar bola pingpong. Jadi pertumbuhan lobak merah akan seseuai dengan tempat/medianya yaitu polibag ukuran 30 cm.


Apa yang diperlukan untuk menanam lobak merah
Pertama adalah media tanam yang isinya bisa tanah campur pupuk atau yang lainnya. Di sini saya menggunakan media sekam bakar dan pupuk kompos (perbandingan 1:1) bisa juga disesuaikan dengan media tanam yang anda miliki. Kenapa saya memilih memakai media sekam bakar dan kompos.? karena ringan. Soalnya saya simpan diatas genteng. Kalau berat bisa hancur tuh genteng :D
Kemudian semai bisa langsung ditanam dimedia polibag atau semai ditempat penyemaian. tanamnya jangan terlalu dalam cukup diatas permukaan media tanam paling ditutup setinggi 1 cm aja. Kemudian siram dengan air secara perlahan. Beres deh. Tinggal menunggu kecambah lobak merah keluar. Biasanya keluar 3-7 hari.
Peringatan Penting! KEtika masih kecambah sampai daunnya dua sangat riskan mati. Kenapa? Hal itu bisa disebakan karena kekurangan air atau media tanamnya kering, bisa juga kelebihan air yang membuat batang lobak menjadi busuk. Jadi harus selalu dicek media tanamnya atau juga bisa dilihat ke si tanaman lobaknya apakah segar atau layu.

Dan ini adalah gambar lobak merah yang saya panen (21 mei 2016)


Apakah anda tertarik untuk mencoba? Maka cobalah langsung. Bila tanamannya gagal, maka janganlah menyerah. Karena semakin anda banyak gagal maka akan semakin banyak pengalaman dan akhirnya sukses!


Gambar lobak merah ketika mau dikonsumsi :D
Ketika coba dimakan mentah rasanya agak pedas tapi hangat ke tubuh, tapi bagi yang baru pertama kali makan kaya saya maka langsung merasakan gak enak. haha... Maka saya pikir dimasak sama mie instan dan hasilnya sangat enak dan tekstur lobaknya lembut dan enak. Jadi kepikir dibuat soto bandung aja tuh lobak. Tapi sayang panennya gak seberapa. :P


Manfaat Lobak Merah

Lobak merah merupakan sayur yang mempunyai banyak khasiat. Lobak merah mengandungi beta carotenevitamin B dan C , alpha carotene,kalsium, dan potasium . Ia adalah baik untuk menguatkan sistem pertahanan badan untuk melawan penyakit. Ia juga meningkatkan pertumbuhan sel-sel- baru dan membuang toxin dalam badan .
Jus lobak merah boleh dijadikan sebagai minuman dan ia juga digunakan untuk baiki keadaan kulit kita. Lobak merah adalah amat berguna untuk mengurangkan masalah sakit jantung , diarrhea , dan juga mengatasi selsema iaitu dengan membentuk antibodi dalam badan.
Selain itu Lobak Merah juga kegunaannya memanaskan badan. Ia juga melancarkan aliran haid dan air kencing.

Related Posts:

1 Response to "Bagaimana Cara Menanam Lobak Merah/Radish di Polibag atau Pot"

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus